Cara Menggunakan Wifi Barcode Scanner di Smartphone

Cara Menggunakan Wifi Barcode Scanner di Smartphone

Smartphone, gadget, internet dan wifi telah menjadi sebuah kebutuhan manusia yang hidup di era milenial ini. Adanya teknologi yang disebut dengan wifi barcode scanner menjadi sebuah berita bahagia ibarat menemukan sumber air di padang pasir yang tandus. Tanpa harus susah payah sekarang kita bisa numpang internetan pakai wifi dari orang lain.

Kalau dulu agar bisa tersambung dengan internet dari wifi kita harus mengetahui dan memasukkan sandi atau password terlebih dahulu. Payahnya banyak koneksi wifi yang password-nya tidak bisa didapatkan dengan sembarangan. Akhirnya harus modal beli secangkir kopi di cafe hanya agar bisa menyambungkan dengan wifi milik mereka. Kini di era wifi barcode scanner memudahkan semuanya.

Penasaran ingin mencoba menyambungkan ponsel pintar Anda dengan koneksi wifi di sekitar tanpa repot dan ribet? Begini caranya.

Langkah Untuk Menyambungkan Ponsel ke Wifi Dengan Kode QR

Unduh Aplikasi Pemindai Barcode

Tahap pertama yang harus dilakukan tentunya mencari “alat” yang bisa digunakan untuk menyambungkan wifi ke ponsel pintar. Unduh terlebih dahulu aplikasi wifi barcode scanner yang banyak terdapat di Play Store. Pilihlah salah satu dari aplikasi-aplikasi tersebut, agar lebih yakin tentang performanya bisa baca dulu ulasan dan juga rating yang didapatkan. Pastikan ponsel terhubung dengan internet.

Simpan Aplikasi

Kalau sudah selesai dengan proses pengunduhan segera simpan aplikasi di ponsel Anda. Sebaiknya pilihlah aplikasi wifi barcode scanner yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak memakan banyak ruang memori ponsel. Tujuannya agar ponsel tidak lag atau aplikasi bisa berjalan lancar saat digunakan. Memori yang terlalu penuh pada HP akan menyebabkan loading yang lambat.

Hubungan Dengan Wifi

Setelah aplikasi wifi barcode scanner ada di ponsel sekarang saatnya melakukan pemindaian koneksi internet dan Anda bisa segera berselancar di dunia maya. Menu dalam pemindai mungkin akan ada perbedaan tergantung aplikasi yang digunakan. Secara garis besar cara untuk menghubungkan ponsel dengan wifi menggunakan kode QR adalah seperti dibawah ini.

  1. Buka aplikasi dan cari menu Scan and Save.
  2. Pinjam ponsel teman, kerabat, saudara atau orang yang koneksi wifi-nya akan disambungkan dengan HP Anda.
  3. Pilihlah mana wifi yang sedang available dan klik pada “tap for share”.
  4. Setelah muncul kode QR pada layar ponsel, pindai (klik “scan”) dan klik pada “done”.
  5. Jika tahapan yang dilakukan benar maka setelah done pasti akan muncul password wifi yang akan disambungkan. Anda tinggal memasukkan sandi wifi tersebut pada menu dan selanjutnya ponsel sudah terhubung dengan internet siap untuk digunakan berselancar.
  6. Catatan : langkah yang dicontohkan di atas menggunakan aplikasi wifi barcode scanner yaitu QR Scanner. Untuk aplikasi jenis lainnya mungkin menu yang muncul akan berbeda tetapi tidak akan terlalu jauh perbedaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *