Ini Nih, Tips Menulis Artikel Ilmiah yang Benar

Ini Nih, Tips Menulis Artikel Ilmiah yang Benar

Sebagai akademisi banyak dari Anda yang dituntut untuk membuat sebuah artikel ilmiah. Tidak jarang, anda kebingungan harus menulis mulai dari mana. Misalnya saja, untuk anak SMA yang baru saja akan menempuh pendidikan tingkat lanjut. Tentu saja, menulis artikel tidaklah mudah.

Nah, untuk itu, kali ini communitysaintlucia akan memberikan beberapa tips yang bisa digunakan sebelum menulis sebuah artikel. Sebelum itu, anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dan sistematika dari artikel ilmiah.

Pertama-tama kita perlu mengetahui apa itu Artikel ilmiah. Artikel jenis ini adalah sebuah artikel yang termasuk ke dalam karya ilmiah yang biasanya dimuat di dalam sebuah jurnal atau kumpulan artikel. Bentuk dari artikel jenis ini ada yang diangkat dari gagasan, atau konseptual Serta ada yang didasarkan kepada sebuah penelitian.

Selanjutnya untuk sistematikanya sendiri ada judul, lalu diberikan abstrak, setelah itu ada metode yang digunakan apakah kualitatif atau kuantitaif, ada hasil dari penelitian tersebut dan terakhir ada pembahasan, serta kesimpulan.

Trik Membuat Artikel Ilmiah yang Menarik

Lalu, setelah kami membahas tentang pengertian dan juga sistematika. Kini saatnya anda untuk mengetahui tips dan trik menulis artikel. Hal ini agar artikel yang anda buat benar dan lebih menarik minat pembaca. Untuk itu, mari kita simak bersama beberapa tips berikut ini:

Tips yang pertama adalah dengan membuat tema yang belum banyak digunakan oleh orang lain. Tema yang sederhana, namun memiliki dampak yang luas. Misalnya saja sebelum orang mengetahui tentang pengaruh daun kelor, sebaiknya anda cari pengaruhnya.

Tips yang kedua dalam menulis artikel ilmiah adalah untuk membuat sebuah pembukaan dan penutup yang semenarik mungkin. Kalimat awalan yang dapat mengundang keingintahuan orang yang membaca artikel akan sangat berperan penting disini.

Kalimat penutup juga tidak kalah penting, karena akan memberikan kesan yang kuat terhadap si pembaca. Penutup yang bagus akan membuat si pembaca terkesan dengan artikel yang dibuat oleh anda.

Trik Membuat Tampilan Artikel Ilmiah kita Rapi dan Bagus

Trik pertama yang perlu diketahui adalah terkait dengan penulisan gambar dan tabel yang tepat. Penulisan dan pelatakan yang tepat tentu saja akan membuat artikel anda semakin bagus. Pertama, tulis judul dan nomor tabel dengan jenis arial ukuran 10.

Jangan lupa gunakan margin tengah dan bold judul tabel. Sementara itu, untuk gambar bagian judul berada di bawah gambar dan berilah nomor yang sesuai dengan urutan gambar.
Setelah itu, dalam membuat penulisan judul artikel ilmiah gunakan huruf besar dengan ukuran huruf 14. Sementara untuk subjudul, bisa memakai ukuran huruf 12 saja.

Penulisan daftar pustaka biasanya tergantung dengan aturan ilmiah yang berbeda-beda. Ada yang memakai gaya APA, Chicago, ISO dll. Akan tetapi umumnya memakai gaya APA. Berikut ini contohnya,

Sudarman, R. eds. (1994). Dua Dunia. Reading. Mass: Gerhana Pustaka.

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi atau pengaturan pada Ms.Word. Keduanya akan dengan mudah mengatur daftar pustaka anda menjadi rapi.

Nah, setelah membaca tentang pengertian, sistematika serta tips dan trik dari kami, apakah anda sudah cukup jelas?. Sebaiknya kemampuan menulis terus diasah agar semakin hari menghasilkan tulisan yang semakin bagus.

Tidak hanya itu, diharapkan artikel ilmiah yang dihasilkan juga menarik serta mengundang minat dari pembaca semua. Jangan lupa untuk terus menghasilkan karya terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *