Cara Menulis Artikel di detik.com Agar Mudah Diterima

Cara Menulis Artikel di detik.com Agar Mudah Diterima

Diera modern ini minat baca masyarakat mengalami pergeseran yang cukup signifikan, dimana dulu banyak orang membaca media berita Koran kini beralih ke media online termasuk berita detik.com. Dengan adanya pergeseran tersebut, seorang penulis harus mengikuti perkembangan tersebut dengan mengirimkan tulisan ke detikcom.

Detikcom merupakan portal web yang berisi tentang berita ataupun artikel bermanfaat, dan menjadi salah satu situs berita paling popular di Indonesia. Berbeda dengan portal berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom memiliki edisi daring dan menggantungkan income dari iklan yang ditampilkan di beranda situs.

Didalam situs detikcom memiliki isi opini, dimana penulis bisa mengirimkan artikel opininya ke situs tersebut dengan tema seputar politik, isu sosial, peristiwa unik yang terjadi disekitar anda. Dan pihak detikcom mengutamakan artikel yang ditulis dengan baik disertai identitas penulis yang jelas.

Apakah anda tertarik mengisi artikel di portal berita detik.com ? komposisi yang dibutuhkan apa saja ? Nah, kali ini kami akan membahas Cara menulis artikel di detikcom dengan jelas.

Cara Menulis Artikel Opini Di Detikcom

Ada beberapa step yang harus dilewati penulis agar artikel anda bisa dimuat di situs detikcom, simak langkah-langkahnya berikut ini:
Daftar dan Login Situs

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar dan masuk ke situs detikcom terlebih dahulu kemudian masuk laman KIRIM OPINI ANDA dengan klik link https://news.detik.com/kolom/kirim. Untuk proses pendaftarannya bisa menggunakan akun facebook atau gmail yang aktif karena nantinya akan ada verifikasi kepemilikan akun.

Memahami Panduan Kolom Opini

Sebelum mengirimkan artikel ke situs detikcom, anda diharuskan memahami panduan yang telah ditentukan. Panduan kolom opini detik sebagai berikut :

  • Kolom merupakan media literasi untuk menyampaikan ide gagasan, sudut pandang serta diskusi public
  • Kolom detikcom menawarkan platform yang bisa membantu penulis mengirimkan karyanya
  • Artikel yang bisa masuk harus menghibur, menarik, dan provikatif dengan sudut pandang dan disertai rasa hormat tinggi
  • Pihak detikcom menyambut baik tulisan yang terwujud etos kebebasan berbicara, apalagi ada sudut pandang yang berbeda

Pahami Submit Artikel

Setelah artikel yang anda buat sesuai panduan dari pihak situs detikcom, sekarang masuk pada proses submit / mengirimkan artikel. Simak langkahnya berikut ini:

Lengkapi data profil

Sebelum mengirimkan artikel ke detikcom, lebih baik lengkapi data profil anda agar nanti berguna untuk memperkuat kredibilitas penulis

Masuk Kolom Kirim Tulisan

Klik tombol “KIRIM TULISAN”, lalu anda akan dibawa ke halaman untuk menulis artikel, sedangkan untuk jumlah kata yang ditentukan sekitar 400 hingga 1.200 kata. Perbanyaklah pembahasan karena akan dijadikan pertimbangan oleh pihak layanan.

Buat Tumbnail dan ringkasan

Setelah tulisan jadi, langkah selanjutnya adalah melengkapi tulisan dengan cover image yang mendukung tulisan anda agar lebih singkron terhadap bahasan. Selain itu, tambahkan ringkasan dan kata kunci supaya artikel anda mudah ditemukan di search engine google.

Klik Kirim Tulisan

Setelah artikel, gambar cover, kata kunci dan ringkasan sudah dibuat sedemikian rupa, saatnya anda mengirimkan artikel dengan klik “kirim tulisan”. Dan nantinya, pihak redaksi detikcom akan mereview tulisan yang masuk dengan mempertimbangkan kelayakan tulisan ketika ditampilkan pada situs detikcom.

Syarat dan Ketentuan opini detikcom :

  • Semua materi berupa teks dan gambar yang dikirim adalah tanggung jawab pengirim
  • Tim redaksi berhak menyunting materi yang dikirimkan, meliputi berbaikan ejaan, menambah ilustrasi pendukung tanpa mengubah isi
  • Detikcom menolak artikel yang mengandung unsur Sara, pornografi, kekerasan serta menyudutkan kelompok tertentu.

Tertarik mengirimkan artikel ke situs detikcom ? Tentunya sangat mudah jika anda benar memperhatikan step yang telah kami paparkan diatas, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *