Ini Lho Cara Membuat Artikel Berita yang Benar

Ini Lho Cara Membuat Artikel Berita yang Benar

Saat ini jaman semakin modern. Hal ini terlihat dari seberapa cepatnya sebuah berita menyebar. Semua ini tidak lain berkat adanya artikel berita yang menyuguhkan sebuah kejadian terkini dengan cepat.

Tidak hanya cepat, akan tetapi juga aktual. Namun, ada beberapa kanal berita yang banyak dikunjungi oleh berbagai pembaca. Hal tersebut dikarenakan judul serta gaya penyampaian yang lebih enak untuk dibaca.

Artikel berita sendiri merupakan artikel yang isisnya adalah sebuah peristiwa yang sedang terjadi pada masyarakat yang selanjutnya disebarkan memakai media jenis tertentu. Hal ini bertujuan agar kejadian yang dituliskan tersebut diketahui dan dapat dijadikan pelajaran. Tidak hanya itu, sebaiknya juga sebagai perhatian bagi semua pembacanya.

Setelah mengetahui tentang pengertian dari artikel jenis berita. Kini kami akan menjabarkan struktur atau sistematikanya. Strukturnya sendiri dimulai dari judul berita. Judul berita ini cukup berpengaruh karena akan membuat pembaca tertarik untuk membaca isinya atau tidak. Nah apalagi si struktur yang selanjutnya. Berikut ini lanjutannya:

Struktur dari Artikel Berita

Struktur lainnya yang tidak kalah penting dari judul berita adalah adanya sebuah teras berita. Teras berita sendiri adalah apa yang terletak pada paragraf pertama dari sebuah berita. Pada bagian ini, inti berita akan dijewantahkan dan diperlihatkan.

Biasanya terdiri dari 30 – 45 kata. Bagian ini juga dapat dimulai dengan kutipan tertentu. Bagian ini bisa menjadi penarik pembaca agar terus membaca lagi bagian inti berita.

Baca juga tentang tips menulis artikel review agar banyak pembaca

Bagian selanjutnya adalah isi dari artikel berita. Bagian ini cukup penting karena berisikan inti dari sebuah berita. Biasanya bagian ini ditulis dalam beberapa paragraf. Bagian ini biasanya juga menjawab pertanyaan kenapa dan bagaimana.

Pada bagian ini pembaca anda harusnya menemukan informasi tentang kapan berita tersebut ditulis. Tidak hanya itu, pada bagian ini anda juga perlu menuliskan tempat kejadian, serta siapa penulis dan editor dari berita yang ditulis tersebut. Selain itu, juga terdapat kisah dibalik berita tersebut. Hal ini dimaksudkan agar pembaca memahami tentang kenapa berita tersebut bisa ada.

Tips Menulis Artikel Berita

Ada beberapa tips dan trik yang bisa anda terapkan jika ingin menulis sebuah artikel jenis berita. Nah, berikut ini beberap tips tersebut: Tips yang cukup penting dari menulis artikel jenis ini adalah harus menampilkan berita sesuai fakta. Tidak boleh ada berita yang hoax atau tidak berdasarkan kenyataan.

Artikel berita yang pasti banyak diminati oleh pembaca adalah yang menyuguhkan tampilan yang sistematis. Disini sistematis juga dapat diartikan sebagai susunan kalimat yang enak untuk dibaca dan cukup rapi secara sturktur. Sehingga ketika dibaca tidak menimbulkan perasaan malas membaca.

Pemilihan bahasa pada artikel berita juga diharapkan dapat menarik pembaca. Sebaiknya gunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti, bukan bahasa ilmiah yang akan menyulitkan sebagian orang. Selain itu, sebaiknya gunakan kata serapan. Hindari kata-kata asing yang membuat pembaca kesulitan memahaminya.

Salah satu hal yang akan menarik pembaca adalah kata yang singkat dan tidak bertele-tele. Akan tetapi, singkat bukan berarti anda meninggalkan fakta-fakta yang penting. Sebaliknya, anda harus mampu menjelaskan seluruh kejadian tanpa penjabaran yang bertele-tele.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kami jabarkan untuk anda semua. Semoga anda dapat menulis artikel berita yang mampu menarik banyak pembaca. Tidak hanya itu, anda juga mampu menghadirkan fakta teraktual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *