3 Aplikasi yang Membuat Penyimpanan Ponsel Penuh

3 Aplikasi yang Membuat Penyimpanan Ponsel Penuh

Ketika penyimpanan ponsel penuh, pengguna android akan merasa tidak nyaman. Hal itu disebabkan karena beberapa aplikasi tidak akan berjalan dalam kondisi ini. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengosongkan ruang di ponsel. Beberapa contohnya antara lain seperti menghapus foto, video, hingga cache di beberapa aplikasi.

Cara Terbaik untuk Mengosongkan Ruang

Jika dibandingkan dengan beberapa cara yang dicontohkan di atas, terdapat cara paling ampuh untuk mengosongkan ruang di ponsel. Cara ampuh tersebut dengan menghapus aplikasi yang memakan tempat besar. Untuk itu, perlu diketahui aplikasi apa saja yang termasuk ke dalamnya. Berikut 3 aplikasi dengan rata-rata ruang terbesar.

1. Whatsapp

Whatsapp dapat dikatakan sebagai aplikasi pesan elektronik terpopuler di Indonesia. Namun, hanya sedikit orang yang sadar jika whatsapp membuat penyimpanan ponsel penuh. Jika dilihat, pesan yang masuk lewat aplikasi ini bukan hanya teks. Sering kali terdapat foto dan video yang dikirim oleh teman se-kontak atau pun grup.

Tipe pesan seperti itulah yang menjadikan penyimpanan aplikasi ini memakan tempat cukup besar. Sebenarnya, kondisi ini bisa diakali dengan menonaktifkan unduhan otomatis pada foto dan video. Selain itu, akan lebih efisien apabila keluar dari grup-grup yang dirasa kurang penting. Dengan begitu, potensi adanya pesan dengan penyimpanan besar akan berkurang.

2. Instagram

Instagram dapat dikatakan sebagai salah satu sosial media terpopuler di Indonesia. Setiap orang pasti setuju jika aplikasi ini disebut sebagai penyebab utama penuhnya penyimpanan ponsel. Yang menjadikan aplikasi ini menjadi penyebab utama penyimpanan ponsel penuh adalah tipe postingan yang dibuat.

Dalam instagram, setiap postingan haruslah minimal memasukkan satu foto atau video. Di tambah lagi, seseorang sering kali menambahkannya lebih dari satu di setiap postingan. Jika dilihat dari seberapa sering pengguna ponsel membuka instagram, tentu ruang yang dibutuhkan untuk aplikasi ini terus membesar.

3. Youtube

Walaupun youtube terus berkembang, konten utama di dalamnya tetap video. Dibandingkan dengan jenis konten apapun, video lah yang membutuhkan ruang paling besar. Selain itu, terdapat fitur penyimpanan offline sehingga konten bisa dilihat tanpa menggunakan jaringan internet. Tentu hal tersebut bukan lah fitur tanpa kekurangan.

Kekurangan utama nya terletak pada penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan video tersebut. Ditambah lagi video yang disimpan biasanya memiliki durasi lama. Kualitasnya pun pasti yang terbaik. Untuk itu, sangat tepat jika mengurangi penyimpanan video offline jika ingin mengosongkan ruang pada ponsel.

Walaupun list di atas bisa dikatakan sebagai penyebab utama, masih banyak aplikasi lain yang memberi beban besar pada penyimpanan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah aplikasi tipe browser seperti chrome dan uc browser. Intinya, selalu lakukan kontrol penyimpanan aplikasi secara berkala jika tidak ingin penyimpanan ponsel penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *