4 Tips Jitu Menulis Opini Agar Ditampilkan di Koran

4 Tips Jitu Menulis Opini Agar Ditampilkan di Koran

Sebuah muatan karya dalam Koran bukanlah tulisan biasa, untuk bisa ditampilkan harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh penyedia layananan. Terlebih artikel opini dikoran harus memiliki sudut pandang sesuai, argument yang kuat dan beberapa unsur lainnya sehingga argument anda bisa dimuat didalam Koran.

Sebuah kebanggaan tersendiri apabila tulisan kita dimuat di Koran, karena memang tidak semua artikel opini yang dikirimkan diterima. Oleh karena itu perlunya kita memperhatikan tips jitu agar artikel yang dibuat bisa diterima dan ditampilkan di halaman Koran harian.

Menulis opini bukanlah hal yang susah, semua orang bisa menulis artikel argument dengan mudah dan cepat, namun kembali lagi tidak semua tulisan kita bisa diterima. Nah, didalam artikel ini akan kami jelaskan Tips menulis artikel opini agar bisa menembus Koran dengan mudah.

Cara Menulis Artikel Opini Agar Bisa Ditampilkan Di Koran

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan penulis artikel opini, diantaranya adalah sudut pandang, ruang lingkup yang sempit, kokohnya argumen, dan struktur opini. Semua unsur tersebut akan kami jelaskan secara detail dibawah ini:

1. Sudut Pandang

Sudut pandang didalam opini biasanya berisi tentang nilai-nilai yang dijadikan pegangan dalam sebuah pembahasan, atau kita bisa menyebutnya sebagai pisau bedah guna menganalisa suatu perkara. Setiap kepala manusia memiliki argumen yang berbeda-beda sudut pandangnya, selain itu juga tergantung pada posisi serta kondisi yang sedang dialami penulis.

Apabila kita memiliki sudut pandang yang unik, bisa dijadikan sebagai dasar pembuatan artikel opini dimana ciri khas tersebutlah yang menjadikan artikel lebih menarik. Kemudian apa yang mempengaruhi sudut pandang penulisan opini ? jawabannya, ilmu pengetahuan, keyakinan penulis sendiri lah yang menjadi dasar sudut pandangnya.

Contoh : Apabila anda seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Indonesia, dan menginginkan untuk mengkritisi kebijakan pemerintah terkait kenaikan BBM yang hingga kini terus mengalami peningkatan. Maka sudut pandang yang sesuai adalah memperlakukan diri anda sebagai mahasiwa sejati, dan bukanlah sebagai ahli kebijakan publik.

2. Ruang Lingkup Yang Sempit

Unsur penting dalam penulisan artikel opini yang kedua adalah ruang lingkup yang sempit, dimana artikel opini adalah tulisan pendek yang siap saji seperti halnya cerpen. Dengan terbatasnya ruang lingkup yang sempit, gunakanlah pembahasan langsung mengarah kepada isi argumen anda, selain itu anda juga bisa menggunakan pengalaman untuk memperkuat argument.

Contoh: Jika anda seorang mahasiswa, ruang lingkup yang sesuai terkait kebijakan kenaikan BBM adalah pengalaman anda dalam mengkonsumsi BBM serta bisa disesuaikan dengan keadaan ekonomi mahasiswa.

3. Argumen Yang Kokoh

Supaya tulisan artikel opini kita bisa menarik perhatian pembaca, gunakanlah argument kokoh yang berdasarkan penggunaan data dan fakta. Dengan sumber yang kuat berasal dari teori atau hukum, akan menjadikan opini kita lebih dipercaya oleh pembaca.

Contoh: Anda seorang mahasiswa, jika ingin memperkuat argument kenaikan BBM akan mempersulit mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan belajar, anda bisa memberikan fakta terkait kondisi uang jajan / ekonomi mahasiswa di perguruan anda sebelum kenaikan BBM dan setelah kenaikan BBM.

Terkadang pihak Koran tidak hanya memperhatikan kekuatan argumen saja tapi juga menuntut keunikan bahasan, apabila sudah banyak pembahasan terkait BBM, maka sebagus apapun artikel anda akan sulit diterima pihak Koran.

4. Struktur Opini

Struktur opini lebih mudah dan simpel dibandingkan dengan artikel ilmiah lainnya, karena hanya berisi pembukaan, isi serta penutup saja seperti artikel bebas. Dengan struktur yang singkat, mengharuskan penulis untuk memperkaya isi daripada pembukaannya agar artikel lebih bermutu.

Apabila menginginkan artikel opini anda dimuat di Koran, pastikan semua unsur harus terpenuhi terlebih didalam penyematan argument yang kokoh. Itulah Cara menulis artikel opini di Koran yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *