2 Kutub Panas Karena Pertemuan Antara Suporter Sepakbola Klub Ini

2 Kutub Panas Karena Pertemuan Antara Suporter Sepakbola Klub Ini

Suporter atau pendukung fanatik sering sekali dijumpai ketika terdapat suatu perlombaan atau pertandingan yang berhubungan dengan olahraga salah satunya pertandingan sepakbola. Olahraga paling terkenal ini sejak dahulu memang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan para suporter. Tanpa kehadiran dan dukungan mereka di stadion, pertandingan akan terasa hambar.

Para suporter di Indonesia seiring perkembangan zaman sudah terbentuk dalam kelompok-kelompok. Hal tersebut yang membuat mereka terstruktur dan lebih mudah dikendalikan. Oleh sebab itu, kehadiran mereka semakin menambah semarak pertandingan dibuktikan dengan adanya adu chants dan lagu-lagu kreatif pembangkit semangat.

Terdapat beberapa kelompok supporter sepakbola Indonesia yang terkenal memiliki loyalitas tinggi karena tidak hanya mendukung saat menjadi tuan rumah saja, melainkan laga tandang juga. Beberapa kelompok yang memiliki relasi panas yaitu:

1. Bonek Mania pendukung Persebaya

Kata Bonek berasal dari akronim Bondho Nekat yang artinya punya bondho dan punya nekat. Kelompok ini sering menyambangi pertandingan-pertandingan Persebaya di seluruh Indonesia dengan modal seadanya, hal tersebut cocok dengan arti kata Bonek.

Hal tersebut juga yang membuat mereka dicap negative karena kerap melakukan penjarahan dan membuat onar. Namun, manajemen Persebaya di bawah komando Azrul Ananda pada 2017 berupaya untuk menghapuskan stigma negatif. Mereka mulai menunjukkan kedewasaan dengan terorganisir, kompak, tertib, dan tidak anarkis berjalannya waktu. Bonek menjalin hubungan yang baik dengan bobotoh Persib.

2. Bobotoh pendukung Persib Bandung

Kata Bobotoh berarti orang-orang yang membangunkan jiwa semangat untuk orang lain. Wajar bila kehadirannya sering meramaikan pertandingan Persib baik di kandang maupun luar kandang. Hal tersebut tampak dari jumlah mereka yang begitu banyak setiap Persib bertanding. Saat pertandingan Persib melawan Persija pasti menjadi bahan perbincangan karena hubungan The Jakmania dan Bobotoh yang kurang baik.

3. Aremania pendukung Arema FC

Kelompok ini sering mendukung Arema di setiap pertandingan di Malang maupun luar Malang. Karena loyalitasnya begitu tinggi, Arema pernah mendapatkan penghargaan Suporter Terbaik Ligina 2000 dan penghargaan serupa pada 2006 di ajang Copa Indonesia II.

Aremania sempat mencatatkan kehadiran away tertinggi yakni pada 2010 saat menyambangi Jakarta dengan jumlah penonton sekitar 50 ribu orang. Aremania terkenal bersahabat akrab dengan The Jakmania. Sementara, mereka tidak menjalin hubungan yang baik dengan Bonek.

4. The Jakmania pendukung Persija

Setiap anggota Jakmania biasanya dibekali kartu identitas resmi dari pengurus agar kartu ini membuat pengendalian lebih terstruktur. Sebagai sebuah organisasi, setiap tiga tahun Jakmania memiliki Ketua Umum dan pengurus yang lengkap.

Meskipun begitu, banyak juga dari mereka yang tidak terdaftar resmi dan tetap mengaku sebagai Jakmania. Jumlahnya hingga beribu-ribu dan sering mendukung Persija saat bertanding di kandang maupun luar kandang.

Beberapa klub suporter diatas patut kita contoh loyalitasnya namun, jangan sampai membuat keributan yang meresahkan masyarakat. Walau tidak berhubungan dengan baik kita tetap harus jaga sikap dan semoga dunia sepakbola Indonesia tetap maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *