Inilah 4 Cara Belajar Menjadi Penulis Untuk Hasilkan Uang

Inilah 4 Cara Belajar Menjadi Penulis Untuk Hasilkan Uang

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan dalam melatih kemampuan menulis. Belajar dari tutorial di buku maupun e-book. Bisa juga membaca panduan secara online. Atau mengikuti kursus menulis.

Disinilah kami akan berbagi 4 cara belajar menulis bagi pemula. Baca pelan-pelan. Tidak perlu khawatir karena ilmu yang kami bagikan ini gratis. Yang perlu anda persiapkan adalah kesungguhan dan niat Anda.

1. Biasakan Membaca 5X Dalam Satu artikel

Bila Anda sudah hobi membaca, inilah bekal awal Anda untuk menulis. Dengan membaca, pengetahuan kita akan semakin luas, sehingga saat jari kita menyusun kata di keybord, secara otomatis terintegrasi dengan otak yang sudah ter-nutrisi dengan bacaan yang Anda baca.

Tetapi bila Anda belum terbiasa membaca secara utuh dan memahami isi bacaan, sebaiknya mulailah berlatih membaca secara tekun.

Baca pelan dan pahami isi dan pesan yang ingin disampaikan dalam bacaan tersebut. Amati gaya dan alur bacaan. Setiap artikel yang Anda baca, ulangi sampai 5X. Belajarlah dari satu artikel dulu yang Anda suka. Jadikan ini sebagai sebuah kebiasaan. Niscaya Anda akan mendapatkan manfaatnya:

  • Pengetahuan semakin luas
  • Perspektif bertambah banyak dan tajam
  • Kemampuan meng-analisa terhadap suatu masalah terasah dengan baik
  • Memahami beraneka ragam gaya penulisan
  • Memahami ide gagasan, struktur tulisan sampai analisa
  • Mengerti tulisan yang layak dibaca dan dipublikasikan

2. Latihan Membuat Resensi

Setelah selesai dengan latihan membaca, mulailah dengan kegiatan menulis. Jangan takut menuangkan ide. Mulai saja dengan belajar membuat resensi dengan bacaan yang kita baca.
Dengan belajar menulis resensi, tingkat pemahaman Anda terhadap materi bacaan akan semakin terasah.

Sekaligus kita berlatih mengamati, menganalisa sekaligus belajar menyisipkan kritik terhadap isi bacaan. Belajar menulis resensi tidak harus panjang. Yang penting berani memulai dulu.

3. Memilih Plafon Untuk Mengirimkan Tulisan

Setelah mencoba belajar menulis, beranikan untuk mem publikasikan tulisan Anda. Bagi pemula, cobalah terlebih dahulu mengirimkan artikel ringan. Atau belajar memberi komentar atas suatu artikel.

Ada banyak plafon yang dapat kita pilih untuk memulai mengirimkan artikel Anda. Ada media sosial, blog, media kontributor dan lain-lain.

Setiap plafon mempunyai kualifikasi tersendiri. Bila Anda masih dalam tahap belajar, mulailah dengan masuk ke plafon-plafon ringan seperti kompasiana atau facebook. Jangan langsung mengirimkan karya tulisan yang mempunyai kualifikasi tinggi seperti seword atau qureta.

Karya Anda pasti ditolak bila tidak sesuai spesifikasi mereka yang ketat dan berbobot. Tetapi bila Anda merasa sudah mempunyai kualitas tulisan yang baik dan berbobot, tidak ada salahnya Anda mengirim karya tulisan di plafon-plafon tersebut.

4. Mulailah Segera dengan Aksi

Kunci dari semua usaha Anda adalah “aksi”. Ya..sekarang! Sebesar apapun motivasi dan usaha Anda, akan percuma tanpa segera memulainya. Segera susun rencana sesuai bidang yang Anda minati. Cari dan pilih website yang sesuai dengan minat Anda. Segera krim.

Dalam banyak kasus penulis pemula, tata cara pengiriman naskah ke website inipun biasanya banyak masih bingung. Dari sinilah Anda sekalian bisa belajar. Setiap website mempunyai aturan yang berbeda. Mulai dari format, ukuran spasi, ukuran font dan juga cara mengirimkan naskah. Apakah di badan email atau dalam format dokumen terlampir. Pelajari hal tersebut sebelum mengirim naskah.

Itulah poin-poin penting dalam belajar menulis. Bila kita sudah mahir dalam kepenulisan artikel, bisa jadi ini adalah ladang rejeki bagi Anda. Banyak plafon di website yang membayar mahal artikel yang dikirimkan para kontributornya.

Atau kalau Anda menginginkan kerja sampingan di rumah, Anda bisa menjadi penulis di sahabatartikel.co.id. Perusahaan ini masih terbuka bagi penulis-penulis yang mempunyai minat, terutama di bidang contenwriter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *