Timnas U-19 Siap Berlatih ke Korea November Ini!

Timnas U-19 Siap Berlatih ke Korea November Ini

Dalam rangka meningkatkan skill dan semangat kompetitif, Timnas U-19 berangkat ke Korea. Diperkirakan mereka akan tiba di Korea pada 25 November mendatang.
Keputusan Timnas U-19 ini dikabarkan secara resmi oleh Pemerintah Kota Daegu pada tanggal 15 November kemarin.

“Mereka berencana akan berlatih di sini. Dan perwakilan mereka sudah meninjau lokasi pelatihan,” ujarnya.

Setelah tiba di Korea, Timnas U-19 akan menjalani karantina mandiri dalam rangka disiplin protokol kesehatan karena pandemi corona selama kurang lebih 15 hari. Kemudian, akan dilanjutkan dengan latihan yang dimulai pada 10 Desember hingga akhir Januari mendatang.

Dikabarkan, Timnas U-19 sudah mempersiapkan akomodasi untuk berlatih di Stadion Daegu dan Stadion Auxiliary.

Tujuan dari program latihan lanjutan di luar negeri ini adaah untuk meningkatkan ketahanan fisik serta menumbuhkan semangat kompetitif. Agar para pemain terbiasa bekerja keras dalam kondisi apa pun.

Rencana ini sebelumnya sudah dikabarkan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat menghadiri eSport pada 15 November 2020 kemarin. Bahwa memang ada rencana roadmap ke Korea.

Sebenarnya, roadmap Timnas U-19 tidak hanya di Korea saja, tetapi juga di Belanda dan Spanyol. Untuk Korea sendiri adalah opsi terakhir.

Akan tetapi, untuk Belanda dan Spanyol masih belum ada kepastian akibat efek pandemi corona yang tak kunjung usai. Sedangkan Korea sudah memberikan lampu hijau. Oleh karena itu, kemungkinan besar akan dilaksanakan di Korea terlebih dahulu.

Shin Tae-Yong sebenarnya ingin mengirim Timnas U-19 ke Eropa, karena secara grade FIFA jauh lebih tinggi dibandingkan Korea. Begitu pun dengan Spanyol.

Kelebihan melakukan pemusatan latihan di Belanda adalah kemudahan pemantauan. Karena ada banyak pemain keturunan Indonesia yang tinggal di Belanda. Sedangkan di Korea, Shin Tar-Yong juga mempunyai banyak channel di sana. Sehingga juga akan menguntungkan pihaknya.

Sayangnya, menurut kabar terbaru yang dirilis, belum ada kepastian mereka akan ke Korea dan menilai kabar yang beredar tidaklah benar. Karena dari Federasi Sepakbola Korea pun belum memberikan keputusan yang jelas apakah mereka dapat diterima ataukah tidak.

Saat ini yang menjadi kandidat terkuat adalah Spanyol. Pertama, selain karena grade FIFA lebih tinggi dibandingkan Korea, di Spanyol pun tidak ada sistem karantina. Jadi, untuk sementara ini Spanyol yang menjad pilihan favorit.

Memang di masa pandemi ini sangat susah untuk menentukan keputusan. Apalagi keputusan yang besar. Sehingga dalam memilih pun harus dengan pemikiran yang matang. Yunus Nusi pun sudah memberikan klarifikasi, bahwa pihaknya belum membeli tiket ke Korea dan Belanda. Itu artinya, rencana mereka untuk berangkat ke sana belum ada.
“Kalau sudah pasti, Timnas U-19 tentu sudah punya tiketnya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *