Pengertian dan Macam-Macam Artikel Secara Dasar untuk Pemula

Pengertian dan Macam-Macam Artikel Secara Dasar untuk Pemula

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang pengertian, ciri-ciri dan macam-macam artikel secara dasar. Jika anda adalah seorang yang menekuni dunia blogging tentu saja sudah paham macam-macam sebuah artikel. Namun untuk blogger pemula pasti hal ini masih terdengar asing.

Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia blogging atau sekedar hobby saja, anda harus paham dengan baik apa saja macam artikelnya. Karena kebutuhan untuk konten anda pasti beragam agar tidak terlihat membosankan. Yang dimaksud artikel disini adalah artikel yang terdapat dalam media cetak ataupun media online.

Macam-macam artikel memilki gaya bahasa dan penulisan yang berbeda-beda. Beda macam artikel tentu berbeda pula gaya penulisannya. Terkadang berbeda penulis ataupun tujuan penulis bisa berbeda juga dari mulai sudut pandang tulisan, tujuan tulisan, cara penulisan hingga gaya bahasa yang digunakan.

Pengertian Artikel

Seperti yang dijelaskan diatas artikel merupakan karangan pendek yang ditulis berdasarkan fakta maupun opini penulis, terhadap suatu hal. Biasanya artikel ditulis dan ditampilkan pada media cetak ataupunonline. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artikel adalah sebuah karangan pendek yang ditulis dan dibuat secara terstruktur dan lengkap.

Disebut terstruktur karena artikel mempunyai struktur agar lebih mudah dibaca dan terlihat rapi. Walaupun terdapat banyak macam artikel struktur yang digunakan hampir tidak berbeda secara isgnifikan. Struktur pertama yang harus dimiliki artikel adalah Judul. Judul merupakan pikiran dasar dari sebuah artikel.

Setelah judul ada yang disebut pembukaan, yaitu bahasan awal dari sebuah artikel dan berfungsi sebagai pengatar isi dari artikel yang ditulis. Biasanya pembuka artikel akan dijelaskan apa saja yang akan ditulis dan dijelaskan dalam isi artikel.

Struktur selanjutnya tentu saja adalah isi artikel, yang berisi tentang inti dari artikel yang ditulis. Semuanya kan dibahasa detail melalui isi artikel ini, dan untuk memperjelas isi artikel biasanya digunakan subheading dan poin-poin pembahasan. Sehingga pembahasan akan terlihat detail.

Bagian terakhir tentu saja penutup artikel, penutup biasa berisi tentang kesimpulan penulis dari semua pembahasan dalam artikel tersebut. Tentu saja tidak bisa membuat kesimpulan dengan sembarangan karena akan mempengaruhi alur logika dari artikel yang ditulis.

Macam-Macam Artikel

Banyak sekali macam-macam artikel yang terdapat di media online ataupun cetak. Yang pertama adalah artikel deskripsi, artikel ini merupakan sebuah artikel yang mempunyai tujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan sutau hal yang terjadi secara jelas. Sehingga para pembaca merasa seolah-olah dapat melihat dan merasakan kejadian tersebut.

Untuk jenis kedua merupakan artikel narasi, jenis artikel yang menceritakan sebuah kejadian dalam kurun waktu tertentu. Artikel narasai bisa berisi tentang fakta ataupun fiksi. Biasanya orang yang membuat artikel jenis ini disebut narator. Contohnya artikel tentang kisah pengalaman perjalanan seorang tokoh.

Macam-macam artikel berikutnya adalah artikel eksposisi. Artikel ini memberikan penjelasan lengkap mengenai sebuah produk atau jasa yang berfungsi untuk memberikan wawasan bagi para pembaca. Dalam artikel ini biasanya terdapat data seperti grafik hingga data statistik yang berfungsi untuk memperjelas topik bahasannya.

Yang keempat adalah artikel argumentasi, dimana artikel dibuat bertujuan untuk mengkritisi sebuah fakta tertentu agar terbukti kebenerannya. Artikel jenis ini bisa juga disebut dengan artikel uji validitas. Artikel argumentasi berisi opini atas kejadian tertentu dengan disertai data-data yang dibutuhkan.

Artikel yang terakhir ini disebut artikel persuasi, dari namanya saja sudah terlihat bahwa artikel ini bertujuan untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu. Artikel ini biasa disebut dengan artikel ajakan. Sering digunakan untuk mengingkatan jumlah penjualan akan suatu produk atau jasa.

Itulah pengertian artikel seacara umum, untuk berkecimpung kedalam dunia blogging setidaknya anda paham dasar-dasar dan struktur sebuah artikel. Artikel disini bisa terdapat di media online ataupun cetak. Semoga pengertian dan macam-macam artikel diatas dapat membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *