Pesona Wisata Alam Bangka Belitung Sebagai Destinasi Liburan

Pesona Wisata Alam Bangka Belitung Sebagai Destinasi Liburan

Indonesia dikenal menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali tempat indah nan mempesona yang tersebar hampir di setiap daerah. Kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia membuat masyarakat tidak kehabisan tempat untuk berwisata. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu wisata alam di Bangka Belitung.

Bangka Belitung kini dikenal dengan banyak sekali tempat untuk berwisata baik wisata kuliner sampai wisata alamnya yang sangat bervariasi. Selain itu Bangka Belitung sempat sangat populer karena film berjudul “Laskar Pelangi” yang menampilkan pesona alam dari Bangka Belitung.

Bangka Belitung adalah sebuah provinsi yang berada pada belahan timur pulau Sumatera. Terdapat dua pulau utama yang cukup terkenal yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Namun, sebenarnya ada banyak sekali pulau yang ada pada provinsi ini loh. Akibatnya wisata alam yang populer bagi para wisatawan adalah pantai dan keindahan bawah lautnya.

Wisata alam Bangka Belitung akhir-akhir ini menjadi salah satu yang paling menarik para wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memasukkan beberapa wisata alam ini pada daftar anda.

Daftar Pantai Sebagai Salah Satu Wisata Alam Di Bangka Belitung

1. Pantai Tikus

Dikenal dengan sebutan Kepulauan Bangka Belitung membuat provinsi ini memiliki banyak sekali pantai yang mempesona para pengunjungnya. Beberapa tahun belakangan Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu saingan yang cukup baik bagi Bali. Tentu saja ini disebabkan karena ada banyak pantai tersembunyi yang sangat memanjakan mata para wisatawan saat berkunjung.

Salah satunya adalah pantai Tikus yang terletak di Bangka. Nama yang unik ini membuat para pengunjung penasaran. Alih-alih memiliki banyak tikus, ternyata nama pantai ini berarti jalan kecil yang mengarah pada pantai ini loh. Pantai tikus memiliki keindahan yang berbeda dengan beberapa pantai yang ada di Indonesia karena Pantai ini memiliki batu granit yang cukup mempesona.

Sejarah yang juga melekat pada Pantai Tikus ini adalah dekat dengan lokasi tambang timah. Jika anda datang dari kota Pangkalpinang, maka anda harus menempuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Pantai Tikus ini. Pantai tikus memiliki warna air yang biru sehingga dikabarkan bahwa pantai ini masih sangat dijaga kealamiannya.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Daftar nomor dua untuk menikmati keindahan laut di Provinsi Bangka Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Wisata alam di Bangka Belitung ini terletak di Kabupaten Belitung. Pantai Tanjung Tinggi memiliki keindahannya sendiri loh, salah satunya adalah luas dari pantai yang berkisar 80 hektar.

Pantai ini sama seperti Pantai Tikus yang memiliki batu granit, hanya saja lebih didominasi oleh pasir berwarna putih yang halus. Pantai Tanjung Tinggi menjadi tempat yang tenang untuk berlibur dan sangat mengasyikan karena ombak di pantai ini cukup kecil. Selain itu ini menjadi alasan baik untuk para wisatawan dapat berenang tanpa rasa khawatir.

Hanya saja yang perlu diketahui para wisatawan adalah pantai ini memiliki ubur-ubur dengan sengatan tinggi. Akan tetapi ini bukan menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan.

3. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona masih berada pada letak yang berdekatan dengan Pantai Tikus dan Pantai Tanjung Tinggi. Untuk bisa sampai ke pantai Tanjung Pesona, para wisatawan akan melewati kebun lada yang menjadi ikonik dari Bangka Belitung. Pantai Tanjung Pesona sudah sangat populer di telinga warga sekitar karena sudah sering dikunjungi.

Berbagai alasan menarik para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini karena terdapat berbagai wahana yang menarik. Ini menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk membawa keluarga karena di pantai ini anda bisa memancing, berenang, dan juga olahraga air. Jarak dari kota Pangkalpinang ke pantai Tanjung Pesona dapat ditempuh sekitar 45 menit.

4. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci menawarkan kegiatan seru yang bisa kamu pilih. Pantai Tongaci juga dikenal sebagai tempat penangkaran penyu yang bisa menjadi pilihan untuk rekreasi sekaligus belajar anak-anak. Selain itu, pantai ini juga menawarkan wisata kuliner yang sangat beragam sehingga dapat memanjakan mulut para pengunjung.

Penangkaran penyu pada pantai ini masih menjadi favorit kunjungan keluarga. Harga yang harus dibayar saat masuk ke tempat ini juga terbilang murah yaitu Rp10.000,-. Jadi tunggu apalagi? Segera siapkan waktu liburanmu.

Wisata Alam Di Bangka Belitung yang Tak Kalah Menarik

1. Danau Kaolin

Bangka Belitung memang memiliki banyak sekali destinasi wisata laut atau pantainya, tapi bukan berarti Bangka Belitung tidak memiliki keindahan lainnya loh. Salah satunya adalah Danau Kaolin. Masih bermain-main dengan air, Danau Kaolin menjadi salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi saat masuk ke Provinsi Bangka Belitung.

Warna air pada Danau Kaolin yaitu warna biru sungguh mempesona. Dulunya Danao Kaoling ini bekas tambang timah yang berakhir menjadi tempat wisata yang cukup populer di Indonesia. Saat sampai ditempat ini, maka biasanya para pengunjung akan langsung mengambil gambar karena tidak mau ketinggalan mengabadikan momen di Danau Kaolin.

Tidak sampai disitu Danau Kaolin cocok menjadi Wisata Alam di Bangka Belitung yang difavoritkan masyarakat Indonesia karena bisa menikmati matahari terbenam dengan warna putih pada daratannya.

2. Gunung Menumbing

Beralih dari danau dan laut, maka daftar wisata alam di Bangka Belitung selanjutnya datang dari dataran tinggi yaitu Gunung Menumbing. Meski sebagian besar Provinsi Bangka Belitung adalah air, namun ternyata Gunung menumbing menjadi salah satu destinasi wisata yang seru loh.

Ketinggian dari Gunung menumbing adalah sekitar 355 meter dari permukaan laut. Bagi sebagian orang Gunung Menumbing tidak akrab ditelinga, namun bagi para pencinta gunung adalah wajib untuk sampai kesini biar lebih lengkap. Gunung Menumbing juga memiliki sejarah yang jarang orang ketahui yaitu tempat ini dulunya adalah tempat pengasingan dari Presiden Indonesia yang tak lain adalah Bung Karno dan Bung Hatta.

Pada gunung ini terdapat tempat yang saat anda masuk maka akan menemukan mobil Ford sebagai kendaraan dari Bung Karno dan Bung Hatta saat di Bangka Belitung dan juga ruang rapat. Ada juga lonceng tua yang katanya digunakan untuk memanggil para tentara Belanda loh. Wah, sekali dayung dua pulau terlampaui nih. Sekali masuk tempat wisata, kamu bisa mendapatkan dua sekaligus.

Itu tadi beberapa daftar tempat wisata alam di Bangka Belitung yang bisa kamu jadikan rekomendasi liburan kamu selanjutnya. Masih banyak lagi wisata alam yang tersebar di Provinsi Bangka Belitung dengan banyak pantai yang jauh lebih mempesona. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba datang dan rasakan keseruan dan keindahan dari Provinsi Bangka Belitung.

Jangan sampai kamu hanya menjadi pendengar keindahan yang tercipta di Bangka Belitung dari orang-orang. Rasakan keindahan dan kenyamanannya sendiri ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *