Contoh Surat Permohonan Menjadi Perangkat Desa

Surat permohonan menjadi perangkat desa adalah surat yang ditujukan kepada pemerintah desa untuk mengajukan permohonan menjadi perangkat desa. Perangkat desa adalah pejabat yang bertugas membantu kepala desa dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan desa. Jika Anda berminat untuk menjadi perangkat desa, berikut adalah contoh surat permohonan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Bagian Pertama: Identitas Diri

Identitas Diri

Bagian pertama surat permohonan ini berisi identitas diri pemohon. Tulis nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Jangan lupa sertakan fotokopi KTP atau identitas lain yang sah.

Bagian Kedua: Alasan Mengajukan Permohonan

Alasan Mengajukan Permohonan

Pada bagian kedua surat permohonan, jelaskan alasan Anda mengajukan permohonan menjadi perangkat desa. Bisa jadi karena Anda memiliki minat yang besar untuk terlibat dalam kegiatan pemerintahan desa, atau karena ingin memberikan kontribusi lebih untuk masyarakat desa. Jelaskan dengan jelas dan lugas alasan Anda mengajukan permohonan ini.

Bagian Ketiga: Kualifikasi dan Pengalaman

Kualifikasi Dan Pengalaman

Bagian ketiga surat permohonan ini berisi kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki oleh pemohon. Misalnya, jika Anda memiliki latar belakang pendidikan di bidang hukum, tuliskan hal tersebut dan bagaimana pengalaman Anda dalam menjalankan tugas di bidang tersebut. Ini akan menjadi nilai tambah bagi pemohon dan memperbesar kemungkinan untuk diterima menjadi perangkat desa.

Bagian Keempat: Komitmen dan Kesediaan

Komitmen Dan Kesediaan

Pada bagian keempat surat permohonan, jelaskan komitmen dan kesediaan Anda dalam menjalankan tugas sebagai perangkat desa. Tuliskan bahwa Anda siap bekerja keras dan memprioritaskan tugas-tugas pemerintahan desa. Jangan lupa juga untuk menyatakan kesediaan Anda untuk belajar dan meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas-tugas tersebut.

Bagian Kelima: Penutup

Penutup

Bagian kelima surat permohonan ini berisi penutup dan harapan pemohon. Ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan sampaikan harapan besar untuk dapat diterima menjadi perangkat desa. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap pada akhir surat.

Demikianlah contoh surat permohonan menjadi perangkat desa yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Pastikan surat permohonan yang Anda ajukan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah desa dan disertai dengan lampiran-lampiran yang dibutuhkan. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *